KETERKAITAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK) DALAM BERBAGAI DISPLIN ILMU
Tujuan utama
disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan computer (IMK) atau
disebut juga dengan Human Computer Interaction (HCI) yaitu untuk
mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan
berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah
sistem komputer. Maka dari itu para perancang antarmuka manusia dan
komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat
bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk
membuat design interface ini dibutuhkan hal-hal yang sangat penting
bersangkutan dengan ilmu-ilmu IMK, yaitu :
1.Computer
ScienceKeterkaitan IMK dengan ilmu komputer (desain
aplikasi & teknik human interface)dalam bidang komputer dan
teknologi saat ini,kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat
keras maupun perangkat lunak. Selain perangkat keras juga perlu
adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita
mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program
aplikasi.Dengan kata lain,bidang Computer Science ini memberikan kita
semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem
interaksi manusia -komputer sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem
yang mudah di gunakan,aman,efektif, dan efisien.
2.Cognitive PsychologyCognitive
Psychology (Psikologi Kognitif) adalah ilmu yang mempelajari
tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar,
mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.dengan hubungan ilmu
psikologi kognitif ini,IMK dapat dengan mudah melakukan
pengaplikasian dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku
user yang membantu dalam memahami sifat,kebiasaan, persepsi
,pengolahan kognitif dan ketrampilan motorik pengguna sehingga
menghasilkan program yang lebih user friendly.
3. Social
and Organizational PsychologySocial and Organizational
Psychology (Sosial dan psikologi organisasi) yaitu
memeriksa dan memahami masalah organisasi dari berbagai perspektif
dan konteks dari individu, kelompok, dan tingkat organisasi.dengan
ini IMK dapat sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan
bisnis yang semakin ketat dan cepat berubah saat ini.
4. Ergonomics
and Human FactorsErgonomics and Human
Factors (Ergonomik dan factor manusia) berhubungan dengan
aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :
bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard,
posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja dan berbagai
aspek lain yang sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia.
5.EngineeringEngineering (teknik)
yaitu disiplin, seni, keterampilan, profesi dan teknologi memperoleh
dan menerapkan ilmu
pengetahuan , matematika , ekonomi pengetahuan,
sosial, dan praktis, untuk merancang dan
membangun struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan dan proses .
dengan menguasai Teknik-teknik yang dapat digunakan dalam perancangan
user interface agar lebih efektif.
6.DesignDesign (desain)
yaitu seni terapan, arsitektur,
atau juga kerap diartikan sebagai rancangan. Kemajuan dalam bidang
IMK diperoleh dari usaha eksplorasi dan kreatifitas desain yang
dibuat sehingga dapat menghasilkan produk yang interaktif dan
efisien.
7.AnthropologyAnthropology (antropologi)
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang
cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat
memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.Contoh keterkaitannya
dengan IMK : Perusahaan di bidang televisi memiliki 100 karyawan .
Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi
dengan teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu.intinya
lebih menekankan pada interaksi antara teknologi, work,dan
organisasi.
8.sosiologiPada IMK, sosiologi
berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur
sosial. Pada intinya faktor ini merupakan
konteks dari suatu interaksi.
9.PhilosophyPhilosophy (filsafat)
adalah studi tentang masalah umum dan mendasar, seperti yang
berhubungan dengan eksistensi,pengetahuan ,nilai ,akal,pikiran ,dan
bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan landasan
filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan
interaksi manusia dan komputer.
10.LinguisticsLinguistics merupakan
cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog
diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus
agar manusia dapat berinteraksi dengan komputer dengan baik dan
mengurangi kebingungan pada pengguna, Peran
bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user
lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman maka
dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah
dimengerti oleh user.
11.Artificial IntelegentArtificial
Intelegent (kecerdasan buatan) didefinisikan sebagai
kecerdasan entitas ilmiah.Mempunyai peran untuk menciptakan
suatu sistem yang betul-betul andal,canggih dan menyerupai
pola berpikir manusia, misalnya Robot. Dengan demikian faktor
ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar